Oto Toghlent

Minggu, 25 Maret 2012

Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor

Berapa seringkah rantai harus di-inspeksi dan disetel?
Tergantung dari berapa agresifnya Anda berkendara, rantai seharusnya diinspeksi setiap 800 – 1.000 Km atau rata-rata 2 kali sebulan.

Apa yang harus disiapkan saat harus merawat rantai ?
1. Berbagai ukuran kunci-kunci
2. Sikat yang lembut atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai
3..PEMBERSIH khusus yang digunakan pada Rantai Motor  
 yang diberi pelumas oli lebih banyak
teknologi Wax-nya yang unik dan Anti-Geseknya yang bisa buat kecantol.
-Cairan Pembersih Rantai yang setelah dicoba sudah lebih baik dari produk biasa yang ada di pasaran yang pernah saya coba.
4. Pin pasak yang baru (diperlukan jika menyetel tegangan rantai)
5. Kain lap (untuk mengelap bekas kotoran yang meleleh atau di sekitar rantai)
6. Pemukul/palu karet (tambahan, jika perlu)

Bagaimana meng-inspeksi Rantai?



Pakai pengukur mistar (atau secara visual mengukur saja), pegang rantai di bagian tengah di antara sprocket depan dan belakang dan tarik ke atas dan ke bawah dan pastikan rantai bergerak sekitar 1 inchi ke atas maupun waktu ke bawah.
Jika rantai bergerak lebih dari 1 inchi ke atas/ke bawah, maka perlu diketatkan. Dan jika terlalu ketat, longgarkan.


Bagaimana meng-inspeksi rantai sprocket?
Meng-inspeksi sprocket untuk melihat keausan dari dekat; tajamnya gigi akan memberitahukan dengan jelas bagaimana motor tersebut telah dipakai dan dirawat.
Gigi sprocket depan dan belakang adalah indikator yang baik benar tidaknya rantai tersebut disetel atau dirawat. Meng-inspeksi gigi-gigi rantai untuk memastikan apakah saling bertautan satu sama lainnya dengan rantai dengan posisi yang benar. Jika bagian gigi terjadi keausan, kemungkinan besar gigi tidak duduk benar terhadap rantai, jika kondisinya sudah tajam sekali, artinya siap-siap rogoh kocek untuk ganti sprocket yang baru.

Membersihkan rantai dengan Cairan pembersih Rantai



Pastikan memakai pembersih yang sesuai untuk o-ring, dan putarlah roda sewaktu menyemprotkan cairan pembersih pada rantai dan sprocket.Bantu dengan penguasan untuk membersihkan kotoran yang bandel.

Walaupun rantai perlu atau tidak perlu disetel, pastikan rantai Anda senantiasa bersih dan terlumasi dengan baik. Pembersihan adalah untuk menghindarkan kotoran menjadi keras dan menggerus logam sehingga aus.




Memakai pelumas yang baik dan benar akan memperpanjang usia rantai secara signifikan
Putar perlahan roda sewaktu menyemprotkan dengan tepat lapisan tipis pelumas pada rantai yang akan meneruskannya pada gigi sprocket. Pastikan semua bagian dilumasi dengan sempurna.

Bersihkan kotoran atau cairan pelumas yang berlebihan/berlepotan.



Lap dengan kain cairan yang belepotan sehingga rantai dan badan kendaraan terlihat bersih dan enak dipandang. Pastikan semua gigi sprocket dan sambungan rantai bersih.

Menyetel Tegangan Rantai (Hanya Jika Perlu)



Tegangan rantai umumnya ditentukan oleh jarak antara sprocket depan dan belakang dan kebanyakan sepeda motor memiliki angka/ tanda indeks untuk membantu pengaturannya.

Sepeda motor mempunyai perbedaan mekanisme penyesuaian rantai dan umumnya, as roda belakang dan roda diputar-putar kedepan dan kebelakang untuk menyetel tegangan rantai.

Jika tegangan rantai sudah di set benar, maka seharusnya rantai dapat digerakkan ke atas dan ke
bawah dengan jarak diantara 0,75 sampai dengan 1 inchi untuk mengukur tanda kelonggaran rantai yang pas.

Mengetatkan As Roda Belakang



Ketika menggerakkan as roda belakang, pastikan bahwa kedua sisi sudah sejajar/segaris sempurna sebelum diketatkan, jika tidak dapat menyebabkan keausan baik pada rantai maupun sprocket. Secara merata ketatkan Baut as roda dan sebaiknya ganti pasak pin dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar